Jarimatika - Cara Belajar Berhitung Menggunakan Jari Tangan


Jarimatika merupakan salah satu cara melakukan operasi hitung. Jika kita melakukan latihan berhitung secara berulang-ulang bersama dengan anak-anak kita --tidak perlu kuatir-- anak kita pasti menguasai ketrampilan ini dengan baik.
Saya yakin ini bukan hal baru. Sewaktu anak-anak kita masih bayi, dan kita mulai mengajarkan padanya berbicara, kita ucapkan satu kata dan menunjukkan maknanya berulang-ulang di hadapannya, misalnya kata: I-bu.

Dan kita melakukannya puluhan… ratusan…bahkan mungkin ribuan kali sebelum mendapatkan respon dari anak kita. Meski begitu kita sabar melakukannya
Respon seperti apapun yang muncul dari anak kita, senantiasa kita sambut dengan gembira dan pujian, seperti: ”Anak Mama memang hebat!” dan pujian-pujian sejenis dengan itu. Intinya: Selalu mengapresiasi anak dan memberikan dorongan semangat mencapai yang lebih baik lagi.

Bahkan seandainya responnya pun tidak sesuai dengan maksud orang tua, kita tetap memberikan pujian dan dorongan. Bukankah demikian? Lalu mengapa kemudian kita kehilangan kontrol saat membimbing anak kita memahami persoalan berhitung?? Kita cenderung menjadi tidak fair terhadap anak-anak ketika berurusan dengan berhitung dan juga Matematika pada umumnya?
Mungkin, sekali lagi mungkin secara tidak sadar kita membandingkan kemampuan berpikir anak dengan diri kita Atau melebih-lebihkan apa yang telah kita kerjakan, seperti “Bukankah Mama sudah mengajarkan padamu ratusan kali…” Benarkah demikian?
Atau jangan-jangan ketidak-sabaran kita itu representasi dari kebingungan kita untuk memahamkan kepada anak ketrampilan beritung dan Matematika?

Jika demikian, moga-moga Jarimatika dapat membantu Anda untuk bersama-sama anak mengenali proses berhitung dan tatacara berhitung dengan cara yang Mudah dan Menyenangkan.

Ebook ini merupakan sumbangsih dari ibu Septi Peni Wulandani dan untuk details nya bisa dilihat di www.ibuprofesional.org

Silahkan download disini




regards,
Mazandrie




3 komentar:

  1. belajar berhitung dengan cara yang mudah dan menyenangkan...pastinya ngga bikin anak stress...ok buangeet... :D

    ReplyDelete
  2. Thanks......semoga bermanfaat....;-)

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails